4 Bahaya Utama Pencemaran Udara

Pencemaran udara bersama dengan pencemaran air adalah dua hal yang paling banyak dibicarakan ketika membahas masalah polusi. Dan berbicara tentang Pencemaran  udara tidak hanya mengacu pada pencemaran udara di luar ruangan tetapi juga perlu diperhatikan masalah pencemaran udara di dalam ruangan, mengingat pencemaran udara di dalam ruangan dapat menjadi jauh lebih berbahaya bagi kesehatan kita karena kita menghabiskan sebagian besar hidup kita dalam ruangan.

Seperti yang sudah kita ketahui, udara bersih adalah salah satu dari prasyarat utama untuk hidup sehat, dan setiap makhluk hidup di planet ini membutuhkan udara yang bersih untuk bernafas. Hanya saja tidak semua mahluk hidup beruntung dapt menghirup udara bersih di lingkungannya, meski telah banyak upaya untuk mencegah dan menguranginya.. pencemaran udara masih tetap menjadi isu penting di berbagai belahan dunia, terutama di kota-kota besar  dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi serta kota-kota tempat kawasan-kawasan industri beroperasi.

Banyak dampak buruk dan bahaya yang timbuk akibat pencemaran udara, dan beberapa hal yang paling utama adalah :

1. Isu kesehatan Serius berupa kerusakan jantung dan paru-paru. Bernafas di udara yang tercemar membuat kita banyak menghirup partikel-partikel berbahaya yang terkandung didalamnya, dan hal ini dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan paru-paru yang dapat berakibat fatal. Dan orang-orang yang sudah menderita penyakit seperti asma, alergi dan penyakit-penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernafasan biasanya paling rentan terhadap masalah ini.

2. Pencemaran udara dapat mengakibatkan kematian banyak tanaman karena tanaman menghirup/menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen, dalam proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Pada lingkungan dengan tingkat pencemaran udara serius, tanaman tidak hanya menghirup/menyerap karbondioksida tapi bersamaan dengan itu juga menyerap berbagai partikel-partikel berbahaya yang berdampak pada kerusakan serius pada sel-sel tanaman hingga menyebabkan kematian tanaman.

3. Terdapat juga bahaya besar dari saling tercampurnya uap-uap dari polutan yang berbeda di udara. Kombinasi antara uap-uap dari polutan berbahaya menciptakan permasalahan lingkungan yang serius yang lain seperti hujan asam yang tidak hanya membunuh pohon dan tanaman tetapi juga mengakibatkan pencemaran air tanah.

4. Pencemaran udara juga dapat menjadi faktor pendukung yang penting dalam mengakibatkan masalah pencemaran air dan tanah, sehingga menyebabkan terjadinya polusi multidimensi yang meluas dan merusak keseimbangan ekosistem secara keseluruhan

Satu Komentar Dari Anda... Sejuta Makna Bagi Kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s