Google+ Situs Jejaring Sosial Baru Bakal Saingi Facebook..?

Akhir-akhir ini kalo kita browsing internet pasti sering nemuin logo huruf G dibelakangnya ada simbol + [G+] yang ternyata itu logo punyanya juragan search engine nomor wahid di dunia.. siapa lagi kalo bukan “Google”. Dan akhirnya ketauan deh kalo logo itu kependekan dari Google+. Jadi tambah penasaran deh apaan sih makhluk yang namanya Google+ ini?.


Akhirnya setelah bertapa di gunung kawi -..oopss.. emangnya pesugihan..??
setelah melakukan sedikit investigasi ketauan deh kalo Google+ ini adalah salah satu proyek Google yang menggarap situs jejaring sosial seperti facebook. WHAT..!!! jadi Google kabita nih (-bhs. Sunda- kabita=tergiur) ngeliat facebook jadi rajadiraja situs jejaring sosial dan ngelenggang sendirian tanpa saingan berarti… hmm… kayaknya layak untuk disimak bagaimana keberadaan Google+ kedepannya apakah dapat menjadi pesaing berat buat facebook atau gitu2 aja kayak situs2 jejaring sosial yang lain (beredar rumor yang menyatakan bahwa Google+ ini adalah proyek balas dendam atas layu sebelum berkembangnya situs jejaring sosial orkut yang diakuisisi google beberapa tahun lalu dan dianggap sebagai akuisisi yang gagal).

Dan setelah saya membuka akun di Google+ dan mencoba beberapa fiturnya ternyata asik juga dan cukup menjanjikan, pada intinya Google+ menawarkan solusi bagi mereka yang merasa terganggu oleh akun facebooknya, maksud lo..?? Begini.. bagi yang punya akun facebook (saya rasa semua yang baca artikel ini pasti punya akun facebook) pasti pernah mengalami kesalnya ditag foto2 yg gak penting bahkan mengerikan seperti foto2 jualan baju, barang elektronik, sampe foto2 horor yang berdarah2, atau ada yang pernah ribut sama pasangan (pacar/suami/istri/selingkuhan) gara2 status di facebook, atau buat para karyawan pernah gak ngalamin dimarahin sama bos/atasan gara2 bikin status model gini “hangout at warteg bareng konco2” pas pulang ke kantor langsung deh disemprot, dan macam2 masalah lain yang kita dengar atau alami sendiri. Naahh.. hal-hal kayak gitu gak bakal lagi kejadian di Google+ (tapi tetep aja bisa kejadian kalo penggunanya yang gak ati2)

Google+ menawarkan sebuah konsep jejaring sosial dengan pengaturan privasi yang lebih baik dibanding facebook dengan memberi penggunanya keleluasaan untuk mengatur kehidupan di dunia maya seperti di dunia nyata, sehingga bentuk komunikasi yang kita lakukanpun dapat kita atur sendiri sesuai dengan kelompok teman yang kita buat. Masih bingung juga?? Oke deh.. langsung kita bahas aja fitur2 yang ada di Google+.

1. Circle / Lingkaran

Ini adalah fitur yang paling ditonjolkan oleh Google+ fitur inilah yang dapat membagi kelompok pertemanan sesuai dengan yang kita kehendaki misalnya teman dekat, keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dan lain-lain sesuai keinginan kita. Tujuannya? Seperti di kehidupan nyata dimana cara kita berkomunikasi pada setiap orang berbeda, misalnya ketika kita berbicara pada atasan tentu berbeda dengan ketika kita mengobrol dengan teman2 dekat, begitupun di Google+ kita bisa bebas berbicara seenaknya pada teman dekat tanpa postingan kita terbaca oleh atasan, atau kita bisa membicarakan sesuatu yang sifatnya rahasia keluarga tanpa terbaca oleh orang lain yang bukan keluarga misalnya, karena ketika kita melakukan posting (istilah G+ stream/aliran) kita bisa memilih siapa saja yang dapat melihat aliran kita apakah publik, atau lingkaran tertentu sesuai dengan keinginan kita, begitupun sebaliknya kita tidak akan dibanjiri oleh postingan2 yang menurut kita gak penting2 amat buat kita baca (suka bete gak kalo pagi2 buka facebook udah penuh sama postingan orang yg kadang tidak terlalu kita kenal ?) Lingkaran memudahkan Anda memasukkan teman kencan malam minggu ke satu lingkaran, keluarga Anda di lingkaran lain, dan atasan Anda di lingkarannya sendiri, sama seperti dalam kehidupan nyata.

2. Sparks

Ini fitur yang belum pernah ada di situs jejaring sosial manapun, memanfaatkan posisi Google sebagai search engine no.1 dengan sparks kita dapat mencari video atau artikel tentang hal2 yang kita sukai tanpa harus keluar dari situs, sparks mengakomodasi minat kita terhadap sesuatu dengan mudah, kita juga dapat menambahkan minat kita sendiri selain yang sudah disediakan oleh sparks, sparks adalah sebuah search engine yang diintegrasikan kedalam situs jejaring sosial. Yaahh.. maklumlah mentang2 mbahnya search engine.

3. Hangout

Hangout adalah sebuah fitur video chatting, kita dapat mengatur dengan circle/lingkaran mana kita akan mengobrol atau melihat siapa yang sedang hangout kemudian kita bergabung, atau kita bisa memberitahukan pada teman2 kalau kita sedang hangout lalu menunggu siapa yang akan bergabung untuk melakukan video chatting. Asal tau aja setelah muncul Google+ dengan fitur Hangout ini facebook segera merespon dengan meluncurkan juga layanan video chatting bekerjasama dengan Skype.

4. Instant Upload / Unggah Sekejap

Fitur ini disediakan bagi pemakai Google+ yang menggunakan ponsel. Dengan fitur ini pengguna ponsel dapat dengan mudah meng-upload foto dan membagikannya di Google+ dengan mudah dan cepat.

5. Huddle / Ngerumpi

Fitur ini juga disediakan untuk pengguna ponsel. Dengan fitur ini kita dapat memilih circle/lingkaran kemudian chatting dengan teman2 yang ada di lingkaran tersebut, yaa mirip kayak group chatnya YM lahh..

6. Games

Pasti pada tau kan Mafia Wars, Zynga Poker, Pet Society, Gardens of Time, dll. Nahh Google+ juga gak mau ketinggalan menyediakan layanan game buat memanjakan para game mania.. ada Diamond Dash, Zynga Poker, Angry Birds, Crime City, Sudoku,dll.

Hmm.. rasanya segitu dulu deh yang bisa diceritain soal Google+ buat yang penasaran sama situs jejaring sosial yang satu ini bisa meluncur ke tkp https://plus.google.com/ atau kalo mau lihat2 dulu sambil mempelajari bisa ke sini http://www.google.com/intl/id/+/learnmore/. Saat ini Google+ sudah go public walaupun masih dalam tahap uji coba. Di dua minggu pertamanya Google+ sudah menjaring hingga 20 juta pengguna sehingga pihak Google+ akhirnya melakukan pembatasan pendaftaran dengan menerapkan sistem invite/undangan bagi yang ingin membuka akun di Google+. Kenapa? Ya itu tadi.. Google+ masih diuji sistemnya dan masih dicari kelemahan2 yang ada, pihak Google+ tidak ingin bila terjadi gangguan pada sistem maupun server ketika pengguna sudah terlalu banyak namun Google+ juga membutuhkan pengguna untuk menguji situs jejaring sosial ini sehingga para pengembang Google+ mengambil kebijakan bagi pendaftar baru harus terlebih dahulu di-invite/diundang oleh yang sudah memiliki akun Google+.

Buat yang tertarik bikin akun di Google+ silakan klik tombol facebook like di sidebar bawah trus kasih komentar + alamat email kamu (emailnya gmail yaa.. kalo belom punya akun gmail nanti pas daftar Google+ harus bikin akun gmail baru) 

Semoga bermanfaat.. Wassalaam.

5 thoughts on “Google+ Situs Jejaring Sosial Baru Bakal Saingi Facebook..?

  1. rajamasker says:

    ha..ha.. bener sih bro.. kalo menurut prediksi gw pribadi untuk di indonesia fesbuk masih bisa mendominasi sampai 2 ato 3 taun kedepan karna biasanya kalo yang ngetrend di luar baru booming di indonesia 2-3 taun berikutnya pada saat di luar trendnya mulai menurun. Google+ masih butuh waktu buat jadi lawan serius fesbuk karna utk saat ini G+ blm terlalu dikenal dan masih butuh banyak didandanin biar tambah cakep.
    Anyway..thanks bro udah mampir🙂

Satu Komentar Dari Anda... Sejuta Makna Bagi Kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s